hai semua..
jadi kali ini aku bakal ceritain pengalaman selama di ITERA (Institut Teknologi Sumatera)
tanggal 13 Agustus 2018 adalah hari pertama aku masuk di ITERA sekaligus hari pertama ospek dimulai. Agenda untuk hari pertama ospek adalah sidang senat terbuka, dimana di sidang tersebut kami dikenalkan tentang jurusan dan prodi yang ada di ITERA secara umum dan disini juga kami dijelaskan tentang Program Pengenalan Lingkungan Kampus (PPLK) yang akan kami jalani selama 5 hari kedepan. Sekaligus di hari ini juga kami resmi menjadi mahasiswa ITERA.
Hari kedua sampai hari keenam diadakan ospek untuk semua mahasiswa baru ITERA, di ospek ini kita bener-bener dijelasin tentang gimana caranya jadi mahasiswa berprestasi, dikenalkan tentang lingkungan kampus dan juga kita dijelasin tentang program studi yang kita ambil dan pastinya dijelasin juga tentang TPB buat kalian yang belum tau TPB itu apa, TPB itu Tahap Persiapan Bersama jadi ditahap ini kita bakalan belajar mafikibi lagi kaya SMA, tahap ini berlangsung di tahun pertama aja, kita harus lulus tahap ini dulu kalo mau masuk ke jurusan yang kita ambil, kalau kita ngga lulus ditahun pertama, kita ngulang di tahun depan. Selain itu juga, masih banyak agenda yang seru-seru banget, di PPLK ini juga kita jadi bisa kenal satu sama lain, bisa kenal orang dari macam-macam daerah yang pastinya nambah temen baru.

Seminggu setelah PPLK masuk kampus yang sebenarnya baru dimulai, jadi di hari pertama masuk kampus ini kita masuk kelas yang sesuai sama cluster TPB kita, jadi kelas ini isinya beda banget sama  kelompok yang di PPLK kemarin, dengan kaya gini ya semakin nambah temen baru dan juga kita bisa nanya-nanya ke mereka tentang adat budaya di daerah asal mereka itu gimana dan itu bisa nyadarin kita kalo budaya Indonesia ini kaya banget.
Di hari pertama masuk juga, kita langsung ketemu sama dosen yang bakal ngajar kita selama 1 semester kedepan dan di hari pertama ini juga dijelasin tentang kontrak kuliah, yang menyangkut nilai,absensi,dan peraturan-peraturan yang ada di kelas.

Hari-hari selanjutnya pembelajaran baru dimulai, selain belajar di kelas ITERA juga nerapin sistem e-learning jadi itu semacam kuliah online, dimana ada forum diskusi untuk kita ngediskusiin materi yang belum kita paham, dan juga ada kuis terstruktur setiap minggunya yang menemani weekend kita. Kurang lebih 1 bulan setengah atau pada minggu ke-7 perkuliahan kita dihadapi dengan UTS, ini pengalaman pertama UTS setelah menjadi mahasiswa, UTS di kuliah ngga jauh beda sama di SMA karena kita juga di tahun pertama ini masih belajar pelajaran SMA ya tapi pastinya level soalnya juga selevel kuliah juga, tapi selagi kita belajar dan berdoa pasti kita bisa kok ngerjainnya.

Aku rasa sampe sini dulu pengalaman aku kali ini, see you!

Comments